YKPI Dorong Pemerintah Tekan Angka Kanker Payudara Stadium Lanjut

YKPI Dorong Pemerintah Tekan Angka Kanker Payudara Stadium Lanjut

Jakarta – Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) mendorong pemerintah menekan jumlah pengidap kanker payudara stadium lanjut di Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Ketua YKPI Linda Agum Gumelar di sela-sela Fun Walk 2018, dalam rangka memperingati bulan peduli kanker payudara internasional, di Car Free Day Senayan, Jakarta, Minggu (7/10).

Kepada awak media, Linda menjelaskan bahwa saat ini jumlah pengidap kanker payudara rata-rata 125 dari 100.000 penduduk. Sementara hasil penelitian di Rumah Sakit Kanker Dharmais Jakarta, dari seluruh pasien kanker, 40 persen di antaranya kanker payudara.

“Kanker payudara itu paling banyak pasiennya di Indonesia. Dan 70 persen datang dari stadium lanjut,” kata Linda dalam kegiatan yang didukung oleh Double Tree dari Hilton Hotel tersebut.

Tren kanker payudara di Indonesia semakin tahun juga semakin mengalami peningkatan. Sepanjang pemeriksaan yang dilakukan oleh Unit Mobil Mammografi (UMM) YKPI periode 2016-2018, 1,4 persen penderita kanker payudara dicurigai ganas.

“Dari 1,2 persen dan sekarang sudah memeriksa 10.000 lebih. Kini 1,4 persen dicurigai ganas,” terangnya.

Penyebab kanker payudara, lanjut Linda, tak bisa dipastikan secara sahih. Namun pemicunya bisa berasal dari makanan berlemak, jarang berolahraga, stres, polusi, dan peningkatan hormon estrogen.

Usai penderita pun beragam. Meski umumnya menyerang perempuan di atas 40 tahun, namun banyak pula kasus yang terjadi, di mana penderita kanker berasal dari usia yang relatif dini.

“Malah ada 15 tahun dan 17 tahun. Makanya kami dorong pelajaran kesehatan reproduksi masuk di pelajaran sekolah,” tandasnya.

Sementara General Manager Double Tree by Hilton Jakarta Nils-Arne Schroeder menyampaikan, ini merupakan dukungan untuk YKPI kedua kalinya, dalam rangka memperingati bulan peduli kanker payudara.

Sebanyak 2.500 boneka beruang pink yang dibagikan untuk penyintas, artis, pejabat, dan influencer, diharapkan menjadi media untuk mengampanyekan kepedulian terhadap kanker payudara di Indonesia.

“Nanti pada 22 Oktober, kami akan melakukan charity night untuk disumbangkan kepada YKPI. Ini merupakan kepedulian Double Tree by Hilton Hotel,” jelas Arne.

Share this post