YKPI Ajak Penyintas Kanker Payudara Semangat Jalani Hidup

YKPI Ajak Penyintas Kanker Payudara Semangat Jalani Hidup

Jakarta (MediaIndonesia.com) – Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) kembali menggelar agenda Temu Penyintas Kanker Payudara se-Indonesia. Acara yang memasuki tahun ketiga ini diselenggarakan di Hotel Kartika Chandra, Jakarta Selatan dengan menghadirkan 450 penyintas kanker payudara dari seluruh Indonesia.

Agenda tahun ini digelar dengan tema ‘Motivasi Kuat Membantu Upaya Menjalani Pengobatan Kanker Payudara, Kamu Bisa, Kita Bisa’.

Pendiri sekaligus Ketua YKPI Linda Agum Gumelar mengungkapkan tema ini dipilih dengan tujuan memotivasi para penyintas kanker payudara untuk dapat melalui masa sulit sekaligus meningkatkan kualitas hidup penyintas kanker payudara.

“Terkena penyakit kanker sampai sudah stadium lanjut itu sungguh berat. Sehingga kami ingin mereka semangat dulu, ada kemauan untuk terus berjuang. Selesai dengan kegalauan dan kesedihan. Baru bisa menjalani pengobatan dengan baik,” ungkap Linda saat ditemui di sela-sela acara pada Sabtu (27/10).

Linda yang juga penyintas kanker payudara menambahkan kepedulian masyarakat dan dukungan kepada para penyintas dapat menekan angka kejadian kanker payudara stadium lanjut.

Menurutnya, apabila kanker payudara ditemukan pada stadium awal, kemungkinan untuk bisa mencapai harapan hidup lebih lama adalah sekitar 98%.

Sementara itu, menurut data Globacan 2018, angka kejadian kanker payudara pada perempuan di Indonesia yang telah didiagnosa kanker adalah paling tinggi yakni 42,1%.

Pengobatan kanker pada stadium lanjut pun hingga saat ini terbilang mahal. Oleh karenanya, Linda mengimbau agar para perempuan maupun laki-laki tetap melakukan upaya deteksi dini kanker payudara.

Share this post