Wujudkan Indonesia Bebas Kanker Payudara 2030, YKPI Gaet Milenial

Wujudkan Indonesia Bebas Kanker Payudara 2030, YKPI Gaet Milenial

Jakarta, YKPI – Kolaborasi atau akrab dikenal dengan istilah ‘collab’ sedang marak belakangan ini dilakukan di antara para pengguna media sosial Indonesia. Tak terkecuali Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) pimpinan Linda Agum Gumelar.

Saat ditemui Jurnas.com, YKPI sedang mencoba menjajaki kolaborasi dengan sekumpulan anak muda kreatif, Gerakan Satupadu Indonesia, pada Rabu (15/1) siang di Kantor YKPI, Jakarta Selatan.

Linda mengatakan, untuk mewujudkan visi YKPI Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut pada 2030 mendatang, pihaknya harus menggandeng pelbagai pihak dalam mengkampanyekan pentingnya deteksi dini.

Hal ini dimaksudkan agar angka kejadian kanker payudara stadium lanjut dapat menurun, termasuk di kalangan anak muda, atau generasi milenial.

“Hal ini dikarenakan kanker payudara juga dapat terjadi pada anak muda,” kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak era Kabinet Indonesia Bersatu itu.

Linda  menuturkan, pengalaman ini didapati saat YKPI mendampingi anak muda usia 17 tahun yang harus berjuang mengalahkan kanker payudara.

Melalui kolaborasi ini, Linda berharap YKPI dan Satupadu Indonesia akan memiliki program baru, supaya anak muda Indonesia dapat mengenal langkah-langkah periksa payudara sendiri (SADARI) sejak dini.

“Selain itu, YKPI sangat berharap pemahaman tentang kanker payudara juga tersebar secara luas ke semua kalangan. Karena jika kanker payudara ditemukan pada stadium awal peluang untuk sembuhnya sangat besar, dapat mencapai 98 persen. Tentunya melalui pengobatan medis,” harap Linda.

Masalah perbedaan usia, dikatakan Nanda dari Gerakan Satupadu Indonesia tidaklah menjadi permasalahan selama mereka bisa berkolaborasi untuk perubahan.

“Dan kayaknya Satupadu dengan YKPI sudah satu frekuensi, tinggal kita memikirkan konsep kolaborasi programnya saja,” ujar mahasiswa semester akhir Program Studi Hubungan Internasional itu.

Pada kesempatan sama, YKPI menyambut baik kedatangan dan niat baik kolaborasi ini dengan harapan agar program kolaborasinya nantinya dapat  menghubungkan anak muda Indonesia dengan lebih baik bukan saja di dalam melainkan juga di luar negeri.

“Saya harap kita dapat selalu kolaborasi dan mampu memahami dan menghadapi perubahan yang terjadi. Ayo maju bersama anak muda Indonesia, masa depan Indonesia ada di tangan kalian,” tandas Linda.

Share this post