Wahai Pria, Bersiaplah Terdiagnosis Kanker Payudara

Wahai Pria, Bersiaplah Terdiagnosis Kanker Payudara

Jakarta – Tak ada satupun pria percaya dapat mengidap kanker payudara. Baginya, di dada bidangnya tidaklah terdapat payudara seperti halnya perempuan. Hal ini membuat mereka sulit merasakan sedikitpun keluhan yang dirasakan di payudaranya atau menyadari perubahan pada payudaranya. Bahkan jika itu terjadi, pria enggan diperlakukan sama dengan perempuan dalam melakukan perawatan medis kanker payudara.

Dari sekian banyak pria yang terdiagnosis kanker payudara, tak banyak pula pria yang mengalami kanker payudara mau terbuka berbagi kisahnya. Tapi tidak bagi Ian Cranston, 71 tahun, asal Irlandia Utara. Negara yang rata-rata diketahui 10 pria terdiagnosis menderita kanker payudara setiap tahunnya. Ian didiagnosis kanker payudara pada Mei 2017. Dua minggu kemudian dia menjalani mastektomi.

Ayah dua anak dari kota Portadown ini dinyatakan sembuh dari kanker payudara pada bulan Juni dan memutuskan untuk berbicara secara terbuka, agar semua pria sadar bahwa kanker payudara tidak hanya menyerang kaum perempuan.

Dia mengatakan para pria juga perlu memeriksakan payudara mereka agar mengetahui setiap perubahan. Untunglah saat itu, Elizabeth, istri Ian, melihat puting suaminya melesak ke dalam saat keluar dari kamar mandi.

Kala itu Ian berpikir pria tidak pernah terkena serangan kanker payudara dan tidak perlu ke dokter. Karena pria tidak punya payudara, melainkan dada.

Kini Ian memutuskan untuk membantu dan meningkatkan kesadaran akan penyakit ini, karena dengan berbicara bisa membantu orang, dan itu akan sangat berharga. “Saya bisa mengerti mengapa perempuan bisa terkena kanker payudara, karena saya mengalaminya sendiri,” katanya.

Lain halnya dengan Ian, penabuh grup band legendaris KISS, Peter Crisis, langsung melakukan pemeriksaan sistematis dan terbuka pada umum saat dinyatakan mengidap kanker payudara pada 2008. Kini, Peter aktif sebagai spokeperson untuk menumbuhkan kewaspadaan terhadap kanker payudara pada pria. Setiap Oktober yang dikenal sebagai bulan peduli kanker payudara, Peter pun ikut andil dalam pawai besar yang melibatkan ribuan orang. Tujuannya hanya satu, mengumpulkan dana untuk penelitian kanker payudara. Semoga semakin banyak pria yang peduli terhadap payudaranya dan akan siap jika kemungkinan itu terjadi pada dirinya. Pria melakukan deteksi dini? Kenapa tidak?

(summber bbc.com, Kompas.com & Tribunnews.com)

Share this post