Teknik Pernapasan yang Menenangkan

Teknik Pernapasan yang Menenangkan

Ketika kita merasa cemas dan stres, sejumlah perubahan fisiologis dapat terjadi dalam tubuh kita. Kita mungkin memperhatikan jantung kita berdetak cepat, kita mungkin merasa hangat dan berkeringat, otot kita mungkin menegang, kita mungkin merasa pusing atau tubuh kita gemetar. Secara psikologis kita mungkin merasakan pikiran kita berpacu dan kita bisa merasa kewalahan.

Cara yang bermanfaat dan terbukti untuk menangkal gejala-gejala ini adalah tetap menjalani hari seperti biasanya dan perhatikan pernapasan kita.

Bernafas secara lambat untuk melawan gejala-gejala ini

Kita dapat memperlambat pernapasan kita, dengan menarik napas dalam dan perlahan, saat kita memperlambat napas kita dengan memperlambat detak jantung, yang pada gilirannya menenangkan tubuh. Ketika tubuh tenang, pikiran akan mengikuti.

Teknik Mengatur Pernafasan:

  1. Tarik napas selama empat detik
  2. Jeda selama dua detik
  3. Buang napas selama lima / enam detik
  4. Jeda selama dua detik
  5. Ulangi proses ini sesuai waktu yang Anda inginkan

Catatan penting: Pastikan untuk memperpanjang tindakan pernafasan Anda (menghembuskan napas), ini adalah bagian dari pernapasan yang memperlambat detak jantung kita dan menenangkan tubuh kita. (sumber HSE Coronavirus)

Share this post