Tanya Jawab Seputar Corona dan Kanker

Tanya Jawab Seputar Corona dan Kanker

Informasi dan saran mengenai virus corona ini diperuntukan bagi pasien kanker, penyintas kanker dan keluarga mereka. Virus Corona (COVID-19) adalah jenis virus baru. Para ahli masih mempelajari cara kerjanya. Jika pasien kanker dengan kekebalan tubuh yang dimilikinya terkena virus Corona, mereka mungkin berisiko lebih tinggi terinfeksi.

Gejala virus corona bisa sangat ringan pada banyak orang di bawah usia 50 yang terinfeksi. Namun, pada pengobatan kanker aktif juga dapat berarti bahwa pasien lebih mungkin mengalami komplikasi infeksi serius; seperti pneumonia.

Akankah pengobatan kanker meningkatkan risiko tertular virus corona?

Perawatan anti-kanker tertentu seperti kemoterapi atau radioterapi dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh Anda dan membuatnya kurang mampu mencegah atau melawan infeksi. Penghambatan kekebalan ini biasanya berumur pendek dan kekebalan normal pulih setelah beberapa minggu. Tidak semua perawatan kanker akan membahayakan sistem kekebalan tubuh, tetapi dokter kanker Anda akan memberi tahu Anda apakah perawatan tersebut berisiko membahayakan kekebalan tubuh Anda.

Bagaimana jika Anda mengalami imunosupresi akibat pengobatan kanker aktif dan mengalami gejala?

Gejala-gejala virus ini mirip dengan flu biasa. Jika Anda memiliki gejala yang Anda khawatirkan maka telepon dokter onkologi Anda segera

Imunosupresi adalah pasien dengan penurunan sistem kekebalan tubuh yang dapat disebabkan oleh berbagai hal misalnya pengobatan dengan steroid dosis tinggi , sitostatika (kemo) dan lain-lain.

Haruskah orang yang imunosupres pergi bekerja atau naik angkutan umum?

Ketika Anda mengalami imunosupresi, disarankan untuk menghindari transportasi umum dan bekerja dari rumah jika memungkinkan untuk membatasi kontak dekat. Mereka yang menunjukkan gejala penyakit harus menghindari menggunakan transportasi umum.

Kelompok apa yang paling berisiko terkena virus corona?

Masih belum diketahui secara pasti kelompok mana yang paling berisiko mengalami komplikasi jika mereka terkena virus virus corona, tetapi kemungkinan Anda lebih berisiko jika terkena virus jika :

• Anda berusia 60 tahun ke atas

• Anda memiliki kondisi medis jangka panjang – misalnya, penyakit jantung, penyakit paru-paru, kanker, diabetes atau penyakit hati

Apakah mereka yang menjalani perawatan kanker dan anggota keluarga mereka perlu mengambil tindakan pencegahan ekstra?

Ketika menjalani banyak jenis pengobatan kanker, sistem kekebalan tubuh Anda mungkin melemah karena perawatan. Anda akan diberitahu jika ini masalahnya, dan diajari bagaimana tindakan pencegahan ekstra perlu diambil seperti lebih sering mencuci tangan, pemantauan suhu harian, dan menghindari siapa pun yang sakit serta kerumuman orang banyak. (dikutip dari www.cancer.id)

 

Foto: Harrow Times

Share this post