Rayakan Ultah ke-72, Shinta Nuriyah Ingatkan Perempuan Tak Malu Periksa Kesehatan

Rayakan Ultah ke-72, Shinta Nuriyah Ingatkan Perempuan Tak Malu Periksa Kesehatan

Jakarta, YKPI – Berbicara di hadapan ratusan ibu-ibu dalam acara perayaan ulang tahunnya ke-72, istri Presiden Republik Indonesia ke-4 Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid mengimbau kepada perempuan Indonesia untuk tidak takut apalagi malu untuk memeriksa kesehatan, khususnya kesehatan payudara.

“Jangan merasa takut, jangan merasa malu karena itu adalah kebaikan untuk ibu-ibu sekalian,” ujar Shinta di acara pemeriksaan papsmear dan mammography gratis dalam rangka Hari Perempuan Internasional dan ulang tahunnya yang ke-72, yang bekerjasama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) di Ciganjur, Senin (09/03).

Menurut Istri almarhum Abdurrahman Wahid (Gusdur) itu m, perempuan harus selalu menjaga kesehatannya lantaran telah diberi amanah oleh Sang Pencipta untuk melakukan tugas yang sangat mulia yaitu meneruskan keberadaan anak manusia di muka bumi.

“Kalau tugas ibu meneruskan anak manusia yaitu dengan hamil. Kan nggak ada laki-laki yang hamil. Setelah hamil ibu-ibu harus melahirkan. Setelah melahirkan harus menyusui kemudian merawat hingga dewasa. Itu butuh energi jadi ibu harus selalu sehat,” katanya.

Selain itu, lanjut Shinta, ibu juga merupakan sekolah pertama dan utama bagi anak, karena ibulah yang mengajari semuanya. Untuk itu, perlu bagi ibu-ibu menjaga kesehatan agar mampu melayani anak dan suami.

“Siapa yang mengajari makan, yang nyuapin siapa, itu semua dilakukan ibu. Dengan begitu ibu harus dalam keadaan sehat. Jika ibunya sakit, siapa yang akan ngurusi anak dan suaminya,” lanjutnya.

Ia juga mengingatkan agar perempuan di semua umur untuk tidak menunda melakukan pemeriksaan karena penyakit tidak pernah memandang usia.

“Walaupun sudah tua, masih harus periksa karena penyakit itu tidak pandang usia,”pesannya.

Shinta juga berharap dengan adanya program pemeriksaan payudara melalui mammografi, para peserta dapat turut mendukung program pemerintah dalam mengurangi angka kejadian kanker payudara stadium lanjut sesuai dengan visi YKPI.

“Mudah-mudahan dengan adanya acara seperti ini, ibu-ibu sehat dan kuat tidak hanya dalam melayani suami, tapi juga bangsa dan negara,” pungkasnya.

Share this post