Ramai Soal Bajakah jadi Obat Kanker, Ini Kata YKPI

Ramai Soal Bajakah jadi Obat Kanker, Ini Kata YKPI

Jakarta, Jurnas.com – Beberapa hari terakhir, beredar informasi tentang tanaman bajakah di Kalimantan Tengah dikabarkan dapat menyembuhkan kanker payudara, yang telah diteliti oleh dua pelajar SMA di Palangka Raya.

Bajakah sebenarnya adalah sebutan bagi batang menjalar yang menjadi bagian dari tanaman. Istilah tanaman bajakah belum merujuk pada jenis spesies tertentu.

Menanggapi kabar tersebut, Ketua YKPI Linda Agoem Gumelar mengatakan, jika memberi apresiasi kepada anak-anak sekolah yang telah menemukan tanaman Bajakah sebagai antioksidan penyakit kanker.

“Saya apresiasi anak-anak kita yang luar bisa diakui secara internasional tingkat SMA, tapi kami mengajak juga penelitian lebih lanjut agar bisa diuji secara klinis, kalau memang bisa menyembuhkan kanker payudara,” ujar Linda yang ditemui usai acara Dwi Windu YKPI di Perpusnas Jakarta, Kamis (22/8).

Jika diperhatikan secara klinis menurut Linda, pasti perlu riset bertahap, sedangkan hingga saat ini saja belum diketahui apa penyebab kanker payudara.

“Pada intinya kami mendorong agar penemuan tersebut bisa dilanjutkan dengan penelitian secara klinis,” ucapnya. Ia juga mengimbau para pihak terkait agar bisa mengontrol tanaman Bajakah yang dijul bebas di e-commerce.

Share this post