Pafikotamalinau.org Pentingnya Standar Pelayanan Kefarmasian di Klinik

Standar pelayanan kefarmasian menjadi dasar bagi ahli farmasi pada saat menyelenggarakan tugasnya secara optimal. Pafikotamalinau.org menjadi bagian dari PAFI pusat yang mengadakan pemantauan pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian. 

Mengingat tugas dan tanggung jawab profesi ini sangat besar dalam mengoordinasi serta mengatur kegiatan pelayanan kefarmasian.

Pafikotamalinau.org Menyoroti Peran Penting Standar Pelayanan Kefarmasian

Standar pelayanan kefarmasian tidak mungkin terwujud apabila tidak adanya permasalahan dalam pelayanan. Sudah cukup lama Organisasi Ahli Farmasi Indonesia menyoroti tentang pelayanan kefarmasian yang sering menimbulkan kekecewaan yang dirasakan pasien. Salah satu permasalahan yang timbul yaitu tidak transparan terhadap harga obat. 

Selain itu, permasalahan waktu saat meracik obat-obatan juga masih sering ditemui. Oleh karena itu standar pelayanan kefarmasian di tingkat klinik perlu dijalankan agar:

  • Terjadi peningkatan standar pelayanan kefarmasian. 
  • Ahli farmasi mendapatkan perlindungan dan kepastian hukum saat menjalankan tugasnya.
  • Melindungi pasien dan masyarakat dalam hal penggunaan obat yang tidak rasional demi mewujudkan keselamatan.

Untuk menghindari penggunaan obat yang tidak rasional, pafikotamalinau.org harus menggunakan obat, bahan, serta alat kesehatan berdasarkan standar pengobatan. 

Ruang Lingkup Pelayanan Kefarmasian untuk Klinik

Ruang lingkup pelayanan kefarmasian di klinik meliputi pengelolaan ketersediaan obat, bahan obat , alat kesehatan, bahan medis, dan aspek farmasi lainnya. Sedangkan untuk pelayanan klinis meliputi pengkajian, pelayanan resep, konseling hingga monitoring efek samping obat. 

Pelayanan kefarmasian bertujuan untuk meningkatkan mutu kesehatan para pasien. Pengelolaan obat yang dimaksud meliputi:

  • Pemilihan
  • Perencanaan
  • Pengadaan
  • Penerimaan
  • Penyimpanan
  • Pengendalian 
  • Pemusnahan 
  • Penarikan
  • Proses administrasi obat

PAFI juga menetapkan standar proses pengelolaan obat, bahan obat, alkes, bahan medis habis pakai serta aspek farmasi lainnya. Oleh karena itu organisasi profesi ini juga menjalin kerjasama dengan beberapa pihak, seperti:

  • Industri farmasi utama
  • Pedagang besar farmasi
  • Distributor alat-alat kesehatan
  • Toko alat kesehatan yang telah mengantongi sertifikat
  • Apotek mandiri untuk memenuhi kekurangan jumlah obat sebagai akibat kelangkaan

Pafikotamalinau.org memiliki peranan penting untuk memperluas pemahaman mengenai pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian. Jika semua anggota PAFI mampu menjalankan standar pelayanan ini, maka akan mendukung peningkatan taraf kesehatan dan hidup pasien.