Nutrisi Pasien Kanker Saat Puasa Ramadhan

Nutrisi Pasien Kanker Saat Puasa Ramadhan

Tidak hanya pasien kanker, siapapun yang berpuasa di bulan Ramadhan harus mendapatkan asupan gizi seimbang. Mengapa pasien kanker yang berpuasa membutuhkan nutrisi lebih banyak? Tak lain karena nutrisi tersebut dibutuhkan menjalani serangkaian pengobatan medis.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi pasien kanker saat puasa, rencanakan menu makanan yang tepat dengan bantuan dokter maupun ahli gizi yang menangani pasien. Berikut ini adalah kiat aman menjalani puasa untuk pasien kanker yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Perbanyak sayur dan buah

Kandungan vitamin dan mineral tersebut memiliki sifat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas dalam tubuh. Dengan demikian, sel-sel tubuh normal akan terlindungi dari risiko kanker.

2. Pilih makanan dengan indeks glikemik rendah

Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang tersedia pada suatu pangan.

Makanan dengan nilai indeks glikemik rendah baik untuk pasien kanker. Pasalnya, makanan bernilai indeks glikemik rendah dapat membuat tubuh pasien kanker lebih stabil dan menurunkan risiko perkembangan kanker.Makanan kategori ini dapat ditemukan pada nasi merah, roti gandum, atau sereal gandum yang memiliki serat tinggi.

3. Perbanyak minum air putih

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dapat membantu mengurangi efek samping pengobatan pada pasien kanker, seperti muntah dan diare. Jika tidak cukup cairan, pasien kanker akan mudah dehidrasi. Untuk itu, pasien kanker dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka puasa, setidaknya delapan gelas per hari. 

4. Istirahat yang cukup

Pasien kanker biasanya sulit tidur atau mengalami insomnia akibat efek samping pengobatan kanker dan stres menjalani pengobatan. Pasien kanker dianjurkan untuk istirahat yang cukup saat puasa. Dengan tidur yang cukup, tubuh pasien jadi lebih maksimal untuk melawan kanker dan pengobatan kanker menjadi lebih efektif. (dari berbagai sumber)

Share this post