Nutrisi dan Manfaat Buah Blewah yang Baik untuk Kesehatan

Nutrisi dan Manfaat Buah Blewah yang Baik untuk Kesehatan

Manfaat buah blewah ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa kandungan gizi dan nutrisi yang terdapat pada buah blewah antara lain adalah sumber serat, zat antioksidan, zat beta karoten, potasium, magnesium, sumber vitamin A, vitamin B dan sumber vitamin C yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh.

Buah yang dagingnya berwarna oranye dengan bentuk luar yang mirip labu ini, mempunyai nama latin yaitu cucumis melo var cantalupensis. Blewah mudah didapatkan di pasar tradisional di negara-negara Asia Tenggara seperti di Indonesia.

Berikut ini merupakan manfaat buah blewah yang baik untuk tubuh Anda:

1. Baik untuk kesehatan kulit

Merupakan sumber karotenoid (pigmen organik tumbuhan) tinggi yang bisa mengurangi risiko kanker kulit. Karotenoid juga berguna untuk menghilangkan rasa sakit dan kerusakan yang terkait dengan sengatan matahari.

2. Melancarkan pencernaan

Buah blewah adalah buah yang sangat menghidrasi tubuh karena kandungan airnya yang melimpah. Blewah cukup baik bagi pencernaan karena bermanfaat untuk mendetoksifikasi tubuh, membuang racun, dan membantu usus mencerna makanan dengan baik.

3. Rendah kalori dan baik untuk asupan diet

Pada kandungan 100 gram buah blewah, nyatanya hanya mengandung  60 kalori.  Blewah memiliki kepadatan tekstur daging dan mengandung nutrisi penting lainnya. Dengan makan atau menambahkan buah blewah ke makanan, diharapkan dapat memastikan tubuh memperoleh banyak vitamin dan mineral dalam proses menurunkan berat badan.

4. Mencegah kanker

Seperti yang telah disinggung di atas, buah blewah mengandung sumber antioksidan yang banyak seperti flavonoid seperti beta karoten, lutein, zea-xanthin dan cryptoxanthin. Zat antioksidan tersebut, berperan melindungi tubuh serta sel dan struktur tubuh lainnya dari kerusakan tekanan DNA. Banyak penelitian yang juga telah menunjukkan bahwa buah blewah bermanfaat untuk mencegah kanker pada seluruh bagian tubuh karena kandungan antioksidannya. 

Bagi Anda yang menikmati blewah saat berpuasa Ramadan ternyata buah ini juga bermanfaat karena rendah Gula dan Kalori , mengandung Kalium untuk membantu menurunkan tekanan darah, dapat mengurangi risiko batu ginjal dan tulang keropos,  kaya Vitamin C untuk menangkal penyakit jantung dan penyakit kroni lainnya, penangkal Insomnia, memiliki kandungan Non-Kolesterol, mengobati Maag dan merupakan sumber Vitamin A. Blewah juga dapat menyehatkan janin dengan kandungan asam folatnya serta mencegah osteoporosis. (sumber hallodoc & merdeka.com)

Photo: Kumparan

Share this post