Masihkah OK Bepergian ke Luar Negeri Bagi Pasien Kanker?

Masihkah OK Bepergian ke Luar Negeri Bagi Pasien Kanker?

Penyebaran virus corona terus meluas hingga terkonfirmasi di 200 negara. Merujuk data dari Worldometer, kasus virus corona tercatat mencapai lebih dari 1 juta kasus hingga Jumat (3/4/2020) pagi. Disarankan bagi pasien kanker untuk tidak melakukan travel ke luar negeri kecuali ada keadaan mendesak atau situasi tertentu yang tak dapat ditunda. Kendati begitu harus dalam pengawasan dokter onkologi Anda.

Menteri luar negeri Retno LP Masudi menegaskan masyarakat diminta tak bepergian ke luar negeri dan bagi Warga Negara Indonesia ( WNI) yang berada di luar negeri diharapkan segera kembali ke Tanah Air, menyusul langkah sejumlah negara yang mulai menerapkan kebijakan lockdown setelah wabah Covid-19 kian meluas.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi di Jakarta, Selasa (17/3/2020). “Untuk warga negara Indonesia yang saat ini sedang bepergian ke luar negeri, diharapkan untuk segera kembali ke Indonesia sebelum mengalami kesulitan penerbangan lebih jauh lagi,” katanya dalam keterangan tertulis. Ia juga mengatakan, pemerintah baru saja mengambil kebijakan tambahan terkait perlintasan orang dari dan menuju Indonesia.

Namun jika memang Anda terpaksa harus melakukan travel di tengah wabah virus ini, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter onkologi Anda sebelum mengunjungi tempat baik yang terinfeksi corona ataupun tidak. Normalnya, konsultasi tersebut dilakukan setidaknya 4-8 minggu sebelum perjalanan dilakukan, terutama bagi Anda yang menetap lebih dari 2 minggu di daerah tujuan.

Pastikan sesering mungkin cuci tangan pakai sabun dan menggunakan masker. Hindari tempat hidup satwa liar, seperti area tempat hewan disembelih, peternakan dan pasar hewan hidup dan pasar ikan dan binatang laut. Jangan menyentuh hewan-hewan itu secara langsung.Yang terpenting adalah menjaga kesehatan badan.

Jika pulang kembali ke negara asal, pastikan berkonsultasi kembali dengan dokter Anda agar mendapatkan penanganan yang tepat jika kondisi tubuh Anda tidak baik. Bepergian saat wabah coronavirus memang perlu menyiapkan beberapa hal terkait kesehatan Anda. Jadi lebih baik menundanya. (dari berbagai sumber)

 

(Foto: IDN Times)

Share this post