Manfaat Timun Suri Bagi Tubuh

Manfaat Timun Suri Bagi Tubuh

Timun suri kerap muncul saat bulan puasa tiba. Tekstur dagingnya yang lembut dan kandungan airnya yang banyak, buah ini ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Yuk kita kupas tuntas manfaat timun suri.

1. Mencegah Alzheimer

Manfaat timun suri salah satunya mengandung vitamin K, dalam jumlah tinggi (vitamin yang larut dalam lemak). Vitamin K ini sangat penting untuk meningkatkan massa tulang dan mengembangkan osteotropik pada persendian. Vitamin K ini juga dipahami sebagai obat untuk membatasi kerusakan neuronal di otak. Maka tidak lain, dengan mengonsumsi buah timun suri dalam takaran jumlah yang pas dapat membantu mencegah terserang penyakit Alzheimer.

2. Sebagai sumber antioksidan

Dikutip dari Mayo Clinic, timun suri mengandung beberapa zat antioksidan, termasuk vitamin C, beta karoten, flavonoid, triterpen dan lignan yang memiliki sifat anti-inflamasi. Nah, vitamin C juga terkenal akan manfaat sistem kekebalan tubuh, dan beta karoten terbukti bermanfaat bagi penglihatan mata.

3. Membantu sistem pencernaan dan menghidrasi tubuh

Karena tekstur buah timun suri mengandung air dan serat yang melimpah, maka tak heran kalau buah ini juga baik untuk sistem pencernaan. 

4. Mengandung zat anti kanker

Timun Suri berfungsi menghambat pertumbuhan sel kanker maupun tumor. Menurut sebuah penelitian 2010 yang dipublikasikan di Scientific World Journal, para ilmuwan telah menemukan bahwa kandungan saponin dalam timun suri dapat membantu mengahalangi jalur sinyal yang penting untuk mencegah  munculnya sel baru  dan kerusakan metabolisme tubuh

Selain itu timun suri juga bisa menyehatkan mata, baik untuk kesehatan ginjal, mempertajam daya ingat, baik bagi penderita diabetes, dapat mendukung program diet, dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggim baik untuk kesehatan jantung, membantu regenerasi sel tubuh, baik untuk sistem imun tubuh dan sebagai sumber energi dadakan karena kandungan glukosa dan fluktosanya.

Selain itu timun suri juga menyehatkan gigi dan mulut, dapat memperkuat sendi, sebagai pelepas dahaga serta memiliki manfaat untuk kecantikan seperti mempertahankan kesehatan dan kecantikan kulit, menambah volume rambut dan menyebatkan kuku.

(sumber hallodocs & honestdocs)

Photo: Mandira

Share this post