Linda Gumelar Usulkan Kespro Masuk Kurikulum

Linda Gumelar Usulkan Kespro Masuk Kurikulum

Jakarta, KRJOGJA.com – Menurut data  ybreastcancer.org 1 dari 8 wanita (kira-kira 12%) yang ada di Amerika Serikat beresiko terkena kanker payudara dan akan mengidap kanker tersebut sepanjang hidupnya.

Sedangkan di Indonesia,usia 14 tahun saja sudah terdeteksi kanker payudara. Bahkan 1 dari 1000 pria Indonesia terkena kanker payudara ini. Karena itu sebaiknya dimasukkan ke kurikulum mata pelajaran reproduksi masuk ke sekolah.

“Sebaiknya mulai usia dini sudah mengetahui tentang hak reproduksi,sehingga bisa mendeteksi secara awal”,demikian Linda Agum Gumelar dari Yayasan Kanker Indonesia di Jakarta,Sabtu (27/10 2018).

Perempuan yang pernah menjabat sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Kabinet Indonesia Bersatu II itu mengungkapkan, saat dirinya pertama kali didiganosis kanker payudara pada 1996, ia merasa tak mudah menghadapinya. “Nyawa saya dibilang tinggal 40%. Saya minta sama Allah agar diberi kesembuhan” ujarnya.

Selain itu data tahun 2017, diperkirakan ada sekitar 252.710 kasus baru tentang kanker payudara invasif, yang didiagnosis pada wanita di Amerika Serikat, dan ada sebanyak 63.410 kasus baru untuk kanker payudara non-invasif (in situ). Ada sekitar 2.470 kasus baru untuk kanker payudara invasif, yang diperkirakan didiagnosis pada pria di tahun 2017. Resiko menderita kanker ini seumur hidup pada seorang pria memiliki kemungkinan perbandingannya adalah sekitar 1 dari 1.000 orang.

Share this post