Langkah-langkah yang Dapat Diambil untuk Mengurangi Terinfeksi Coronavirus

Langkah-langkah yang Dapat Diambil untuk Mengurangi Terinfeksi Coronavirus

  • Mencuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan sabun biasa dan air hangat serta cairan cuci tangan berunsur alkohol, terutama ketika berkontak dengan orang lain, sebelum makan atau menyentuh wajah Anda, setelah menggunakan kamar mandi dan saat memasuki rumah
  • Orang-orang di sekitar pasien kanker harus mempraktikkan kebersihan pernapasan yang baik dengan menutupi mulut dan hidung Anda dengan siku atau jaringan tertekuk saat batuk atau bersin serta  membuang tisu bekas dengan segera ke tempat sampah yang tertutup.
  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut Anda dengan tangan yang tidak dicuci karena ini dapat memindahkan virus.
  • Bersihkan dan desinfeksi benda dan permukaan yang sering disentuh.
  • Beri jarak antara Anda dan orang lain, terutama ketika berada di luar rumah dan dengan siapa saja yang batuk, bersin, atau demam.
  • Berhati-hati saat di transportasi umum, acara publik, atau pertemuan yang lebih besar yang dapat membuat Anda berkontak dengan lebih banyak orang yang mungkin berisiko lebih tinggi terkena infeksi, terutama di ruang sempit yang lebih kecil dengan ventilasi yang buruk.
  • Memastikan bahwa orang yang mengunjungi Anda menyadari bahwa pasien kanker sangat rentan terhadap penularan, dan dengan ramah meminta mereka untuk tidak mengunjungi jika mereka menunjukkan gejala penyakit seperti suhu tinggi, batuk, bersin, sakit kepala, dll.
  • Membatasi kontak langsung dengan orang-orang yang telah melakukan perjalanan dari luar negeri dalam 14 hari terakhir, dan menghindari perjalanan internasional.

Jika Anda merasa tidak enak badan

Jika dalam 14 hari terakhir Anda berada di suatu tempat dimana virus corona beredar – atau berkontak dengan seseorang yang diketahui terjangkit virus corona, waspadai gejalanya seperti demam (suhu tinggi), batuk atau kesulitan bernafas. Jika Anda memiliki gejala-gejala ini, telepon dokter umum atau instalasi gawat darurat setempat tanpa penundaan, dan jangan datang langsung. Hindari kontak dengan orang lain dengan mengisolasi diri sampai Anda mendapat saran dari dokter.

Jika Anda merasa sehat

Lanjutkan mengikuti saran tentang cara melindungi diri dari virus korona dan penularan lain seperti flu. Hindari menghabiskan waktu bersama orang yang sedang batuk, bersuhu tinggi, atau memiliki masalah pernapasan.

Apakah saya masih harus ikut perawatan di rumah sakit?

Ya, Anda harus terus ikuti perawatan medis terjadwal kecuali disarankan oleh rumah sakit agar Anda tidak melakukannya. Sangat wajar jika Anda merasa khawatir dirawat karena penyakit serius. Jika Anda khawatir, hubungi dokter onkologi Anda. Setiap hari, rumah sakit besar menangani kasus orang yang terjangkit virus yang dapat ditularkan ke pasien lain. Ada banyak cara untuk memantau risiko penularan dan melindungi Anda dari penularan saat Anda dalam perawatan.

(Foto: Freepick)

Share this post