Kemenkes Apresiasi Kampanye Deteksi Dini YKPI

Kemenkes Apresiasi Kampanye Deteksi Dini YKPI

Jakarta, YKPI – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberikan apresiasi terhadap Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), atas upaya lembaga nirlaba tersebut dalam mengampanyekan deteksi dini kanker payudara.

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes, dr. Cut Putri Arianie, M.H.Kes. mengatakan, dukungan YKPI merupakan bentuk kerja sama dalam pengendalian dan pencegahan kanker, khususnya kanker payudara.

“Kami apresiasi YKPI mendukung kemenkes dalam upaya pencegahan bc dengan terus mengampanyekan pentingnya deteksi dini kepada masyarakat,” kata dr. Cut dalam sebuah sambutan video pada Jumat (23/10).

Misi pengendalian dan pencegahan kanker, lanjut dr. Cut, tidak bisa hanya dilakukan pemerintah dalam hal ini Kementerian Kesehatan, melainkan membutuhkan bantuan dari berbagai sektor.

“Butuh dukungan multisektor dan multi disiplin. Kerja sama dengan YKPI adalah bentuk konkrit dan dukungan yang dibutuhkan kemenkes dalam pengendalian dan pencegahan kanker,” sambung dia.

Lebih lanjut dr. Cut menambahkan, pandemi Covid-19 telah berpengaruh terhadap layanan penanggulangan kanker di Indonesia, mengingat prioritas pemerintah pada saat ini ialah penanggulangan Covid-19.

Kendati demikian, mengingat prevalensi penyakit penyerta dengan angka kematian cukup tinggi dapat mempengaruhi progresivitas penderita Covid-19, pelayanan terhadap penyakit yang menjadi comorbid tetap harus diupayakan.

“Pelayanan terhadap penyakit yang menjadi komorbid tetap harus diupayakan tanpa mengabaikan pencegahan pada faktor risiko penyakit,” tandas dia.

Share this post