Tutup Kampanye YKPI Peduli, Linda Gumelar Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Tutup Kampanye YKPI Peduli, Linda Gumelar Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Sejak diluncurkan Ketua YKPI Linda Agum Gumelar pada 17 Juli 2020, kampanye penerapan protokol kesehatan “YKPI Peduli” mendapatkan sambutan luas dari pelbagai kalangan. Mulai dari penyintas kanker payudara, selebritis, pengusaha sampai istri duta besar negara sahabat. Hingga ditutup 14 Agustus 2020, sebanyak 70 video telah diposting di akun Instagram YKPI. Tentu jumlah ini belum termasuk postingan followers YKPI yang melakukan hal sama di akun personalnya.

Dengan banyaknya  yang turut berpartisipasi di kampanye ini, tentunya YKPI berharap penerapan protokol kesehatan akan semakin meluas. Dengan begitu upaya memutus rantai penyebaran virus di Indonesia akan segera terwujud. Ini sejalan dengan  motto YKPI untuk saling jaga saling peduli. Selalu mengingatkan satu sama lain mulai dari di lingkungan yang terkecil yaitu keluarga, tetangga, teman, kerabat, bahkan masyarakat luas di lingkungan tempat kita tinggal untuk saling mengingatkan dan peduli.

Penyakit COVID-19 dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia maupun jenis kelamin. Namun, COVID-19 diketahui lebih berisiko menyerang orang-orang dengan kondisi medis tertentu. Pada kelompok tersebut, COVID-19 juga cenderung dapat menimbulkan komplikasi dan gejala yang lebih berat. Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, gejala berat dan komplikasi serius akibat COVID-19 lebih sering dialami oleh orang lanjut usia dan orang dengan kondisi medis tertentu, misalnya orang yang menderita penyakit tidak menular (PTM), termasuk kanker payudara.

Sementara menurut Lembaga Biologi Molekuler atau LBM Eijkman, pandemi Covid-19 belum menunjukkan tanda akan usai. Seluruh dunia (termasuk Indonesia) masih berupaya menemukan vaksin sehingga belum bisa dipastikan kapan pandemi akan berakhir.

YKPI berupaya menjadi bagian untuk terus mengkampanyekan pentingnya mengimplementasikan protokol kesehatan sehingga kita tetap bisa produktif dengan tetap mencegah terjangkit virus corona. Selain itu, YKPI tetap memperhatikan situasi dan kondisi dalam melaksanakan aktivitasnya, dan mengoptimalkan sejauh mana kegiatan daring (online) bisa didahulukan daripada luring (offline).

Kampanye “YKPI Peduli” adalah wujud keperihatinan YKPI dalam perkembangan penyebaran covid-19 di Indonesia ataupun dunia. Dalam sambutannya saat peluncuran kampanye, Ketua YKPI Linda Agum Gumelar menegaskan bahwa YKPI akan terus berupaya menjadi bagian yang aktif mengkampanyekan pentingnya mengimplementasikan protokol kesehatan.

Hari ini, kampanye “YKPI Peduli” telah usai. Tentunya semangat untuk tetap saling bergandengan tangan,  berpartisipasi untuk terus mematuhi protokol kesehatan serta kepedulian dan motivasi dari diri masing-masing demi memutus rantai penyebaran virus corona jangan sampai menyusut. Agar Indonesia segera terbebas dari virus ini.

Dalam sambutan penutupan kampanye YKPI Peduli, Ketua YKPI Linda Agum Gumelar menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua partisipan yang telah berkampanye di akun Instagram YKPI.

“Oleh karena itu dalam kesempatan webinar seri kesembilan ini, kami dan seluruh pengurus YKPI mengucapkan terima kasih banyak, dan kami juga menyatakan kampanye ykpi peduli hari ini 14 agustus kami tutup, semoga apa yang kita lakukan secara ikhlas ini bisa menyadarkan banyak orang untuk sama-sama bertanggung jawab menekan covid-19 dengan cara gunakan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari,” seru Linda pada pembukaan serial webinar YKPI melalui aplikasi zoom meeting.

Lebih dari 200.000 akun Instagram telah terjangkau dengan kampanye ini dari 70-an video yang diposting di instagram @ykpi_pitapink.  YKPI berharap semua pihak yang telah berpartisipasi dapat menjadi tuntunan dan contoh bagi yang lain, berbagi kepedulain dan kebaikan untuk kesehatan bersama. Sampai jumpa di kampanye YKPI lainnya di kesempatan yang lain. Saling Jaga Saling Peduli!  (Penulis Endang Moeniarti)

Share this post