Ini Harapan Linda Gumelar Sambut Hari Kesehatan Nasional

Ini Harapan Linda Gumelar Sambut Hari Kesehatan Nasional

Jakarta, Jurnas.com – Selain ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional, tanggal 12 November juga diperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN). Di tahun 2019, HKN menginjak tahun ke-55.

Menyambut HKN, Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), Linda Agum Gumelar berharap pelayanan kesehatan kepada masyarakat semakin baik. Menurutnya, HKN bukan hanya sebuah peringatan melainkan ada makna yang terkandung di dalamnya.

“Kami dari yayasan kanker payudara Indonesia dan saya pribadi berharap peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus semakin baik, terutama dalam peraturan-peraturan BPJS yang akan memberikan pelayanan kepada masyarakat,” kata Linda usai nonton bareng film “Bebas” di Jakarta, Kamis (07/11).

Selain itu, tokoh wanita Indonesia yang pernah menjabat sebagai sebagai Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kabinet Indonesia Bersatu tersebut juga berharap peringatan HKN dijadikan pemicu masyarakat untuk menjaga pola hidup yang lebih baik.

“Kita juga berharap masyarakat menjaga gaya hidup yang baik, sehingga tidak menjadi penyebab dari suatu penyakit. Karena itu, lifestyle itu penting sekali. Kita ingin masyarakat sehat lahir dan batin,” ujar Linda.

Perayaan HKN pertama kali diperingati di tahun 1959. Saat itu dilakukan penyemprotan nyamuk Malaria secara simbolis oleh Presiden Soekarno.

Usai penyemprotan secara simbolis dilakukan, penyuluhan pun diberikan dengan tujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan bahaya penyakit Malaria dan agar mereka lebih waspada terhadapnya.

Di tahun-tahun berikutnya, Hari Kesehatan Nasional (HKN) terus diperingati dengan tujuan memberikan pendidikan dan penyuluhan kesehatan untuk masyarakat Indonesia.

Share this post