Gejala Kanker Payudara Pria dan Perempuan Ternyata Sama

Gejala Kanker Payudara Pria dan Perempuan Ternyata Sama

Jarang sekali kita mendapatkan informasi secara rinci tentang kanker payudara pada pria. Padalah sering kita melihat postingan di media sosial, kanker payudara pada pria lebih ganas daripada perempuan dan sangat mematikan. Tidak ada yang tahu penyebab kanker payudara pada pria. Jarang pula pria pengidap kanker payudara yang mau dengan leluasa berbagi kisah atau perjuangan melawan kanker payudara yang dialaminya.

Ahli Onkologi Ida Bagus Tjakra Wibawa pada Tempo.co menegaskan gejala pada pria itu sama dengan perempuan. Ada benjolannya tapi justru benjolan pada pria lebih gampang ketahuan. Kenapa? karena pria memiliki sedikit jaringan payudara, jadi perubahan sedikit saja yang terjadi pada payudara pria dapat langsung terdeteksi.Meski ukuran kankernya cenderung lebih kecil dibanding perempuan saat pertama terdeteksi, kanker payudara pada pria lebh sering telah menyebar ke jaringan atau kelenjar terdekat.

Kendati angka kejadian kanker payudara pada pria lebih sedikit dibanding perempuan, tapi lebih mematikan. Salah satu penyebabnya adalah pasien kanker payudara pria cenderung datang diperiksa dalam kondisi stadium lanjut. Ternyata, deteksi dini payudara juga berlaku untuk pria loh. Kenapa harus malu-malu melakukannya.

Tjakra juga mengatakan kecenderungan faktor keturunan kanker payudara para pria itu sebesar 5-10%, sama halnya dengan perempuan, selebihnya karena faktor gaya hidup seperti makanan yang dikonsumsi. Anggapan makanlah semua makanan yang kita suka dikala usia muda karena tidak akan berpengaruh pada kesehatan adalah sangat tidak tepat. Seperti yang diutarakan Tjakra, aturlah pola makan sehat selagi muda dan beraktivitaslah dengan aktif.

Share this post