Cerita Rima Melati Idap Kanker Payudara Stadium Akhir

Cerita Rima Melati Idap Kanker Payudara Stadium Akhir

Jakarta – Aktris senior Rima Melati masih tak habis pikir pernah mengidap kanker payudara stadium akhir pada akhir 1989 silam. Pyasalnya, informasi itu baru dia dapatkan setelah beberapa tahun pulih dari pembunuh nomor dua di Indonesia tersebut.

Saat ditemui di sela-sela kesibukannnya, Rima mengaku sempat kaget saat divonis dokter menderita kanker payudara, kendati saat itu dokter tak memberi tahu stadium kanker yang dia idap. Satu hal yang mengganggu pikiran Rima, anak-anaknya.

“Saya pikir, aduh, siapa yang mau besarkan anak-anak saya? Saya mohon kepada Tuhan, dokter di atas segala dokter, saya ingin anak-anak saya tetap sehat, jangan ada yang seperti saya,” tutur bintang film Intan Berduri itu beberapa waktu lalu.

Tahun ini, genap 29 tahun Rima sembuh dari kanker payudara. Dia ingat, anak-anak dan mendiang suaminya (Frans Tumbuan) selalu mendukungnya agar tetap berjuang lolos dari penyakit tersebut.

Kesetiaan dan kesabaran sang suami pula lah yang membuat Rima sempat drop bertahun-tahun pasca sembuh, ketika Frans meninggal dunia pada 2015 akibat diabetes.

“Saya menangis berlarut-larut karena ditinggal sama suami. Drop sekali waktu itu. Beruntung ada anak-anak yang selalu meyakinkan bahwa suami saya sudah mendapatkan tempat di surga,” terangnya.

Dan sekarang, seolah tak ingin orang lain merasakan penyakit yang pernah dia derita, Rima kini aktif di Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI). Harapannya, dia bisa membantu para penyintas, dan menyosialisasikan hidup sehat kepada masyarakat.

“Pokoknya satu, serahkan kepada dokter di atas segala dokter, Tuhan yang Maha Kuasa. Pola hidup sehat. Dan terakhir bantu orang-orang di sekitar kita, baik laki-laki maupun perempuan agar terhindar dari penyakit itu,” tandasnya.

Share this post