70 Persen Pasien Kanker Payudara Berada di Stadium Lanjut

70 Persen Pasien Kanker Payudara Berada di Stadium Lanjut

Jakarta, YKPI – Berdasarkan studi Globocan 2018, kanker payudara menduduki grafik tertinggi dari seluruh pengidap kanker yang ada di Indonesia kemudian disusul oleh kanker serviks dan lainnya.

Ketua Umum Yayasan Kanker Payudara Indonesia Linda Agum Gumelar mengatakan berdasarkan grafik itu juga bisa dilihat angka kematian pun tertinggi kedua setelah kanker paru secara umum.

Masih merujuk pada data yang sama khusus untuk perempuan bahwa kasus baru kanker payudara merupakan jenis kanker tertinggi atau sebesar 30,9 persen atau 58.256 dari total 188.231 kasus baru di Indonesia.

“Dan yang sangat menyedihkan dan memprihatinkan karena kematian nomer 2 perempuan yakni kanker payudara, bahwa 70 persen pasien sudah berada di tingkat lanjut,” ungkapnya.

Melihat data tersebut Linda berharap perempuan Indonesia menjaga kesehatan secara rutin selama satu bulan sekali. “Jika ditemukan benjolan maka perlu dilakukan periksa payudara sendiri secara klinis atau memeriksakan diri ke dokter,” ucapnya.

Untuk memperingati bulan peduli Kanker Payudara ini YKPI berharap kepada masyarakat luas agar memberikan dukungan pada para sahabat atau pengidap kanker untuk memberikan semangat, motivasi dan kasih sayang agar mereka.

Share this post