YKPI Kunjungi Papua Untuk Menekan Angka Kanker Payudara Stadium Lanjut

Jakarta, Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) menyambangi Jayapura guna melakukan sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara di Papua di kota Jayapura dan Wamena,

“YKPI serius terhadap bahaya kanker Payudara, kami harus menjemput bola dengan mendatangi wilayah propinsi diluar pulau Jawa untuk memberikan sosialisasi deteksi dini kanker Payudara” ujar ibu Linda Agum Gumelar sebagai ketua YKPI.

Kunjungan selama 3 hari di Papua ini dilakukan dalam rangka memperingati bulan Oktober Payudara Internasional. YKPI menancapkan target mendatangi kota Jayapura dan Wamena. Selain pengurus, YKPI menghadirkan dokter ahli kanker payudara dari RS. Dharmais Jakarta, Dr. Walta Gautama Sp.B (k) onk ke berbagai tempat sosialisasi yang dihadiri oleh anggota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang xVI Kodim 1701, Dharma Wanita, PIA, KOWAD, pelajar, mahasiswi, PWKI, GOW, PKK, Badan Kerjasama Organisasi Papua dan gabungan organisasi wanita kabupaten Jaya Wijaya,

Dalam rangkaian sosialisasi yang padat tersebut, Dokter Walta juga menyempatkan diri untuk berbagi ilmu dan pengalaman kepada dokter-dokter yang bertugas di Jayapura dengan difasilitasi oleh RS Marthen Indey, Jayapura. “Ini merupakan sejarah bagi Jayapura didatangkan seorang pakar onkology untuk berbagi ilmu dan bersedia sharing bagi dokter-dokter di Papua” ujar perwakilan dokter dalam sambutannya.

Dari pengalaman yang dialami langsung oleh dokter Walta selama bekerja di RS Dharmais, dikatakan “sejak tahun 1997  ia menjadi ahli bedah, kasus kanker payudara  ternyata masih berada diatas 65 % pasien yang datang ke rumah sakit tempat ia bekerja  dan mereka datang dengan stadium lanjut, bahkan sampai 2017 tidak ada peningkatan dan tingkat penurunan angka yang datang, menurutnya pasien yang masih datang dengan stadium lanjut masih berada disekitaran 65 %”.

Dari data tersebut, YKPI meyakini jika di Jakarta saja masih banyak penderita kanker payudara yang datang dalam keadaan stadium lanjut maka di daerah-daerah luar Jakarta dan berbagai propinsi diduga berpotensi besar banyak yang tidak mengetahui cara mendeteksi dini Kanker Payudara.

Dalam kunjungannya ke Papua, ketua bidang organiasi YKPI, Titin Pamudji menyatakan “Dalam 2 hari kami berada di Papua yaitu 9-10 Oktober 2017 banyak kegiatan yang kami lakukan, sosialisasi deteksi dini di empat tempat berbeda dan pertemuan dengan dokter-dokter di Papua serta mengunjungi penderita Kanker Payudara di kota Jayapura dan Wamena”.

Dharma Pertiwi daerah H Jayapura yang diketua ibu Sandra George E. Supit yang menghadirkan 300 orang di Aula Wisma Cendrawasih pada Senin, 9 Oktober 2017 mengungkapkan rasa gembiranya dengan kehadiran tim dari YKPI yang juga menghadirkan dokter ahli kanker payudara dari Rumah Sakit Dharmais, Dr. Walta Gautama untuk memberikan pengetahuan tentang Kanker Payudara. “Saya berharap agar kita dapat mengerti dan mengambil manfaatnya, baik bagi pribadi maupun bagi keluarga dan masyarakat” ujarnya.

“Saat ini penyebab perbedaan sudut pandang tentang kanker payudara masih ada, diantaranya tingkat pengetahuan wanita tentang gejala dan tanda kanker payudara, dan menghindari hambatan memeriksa kanker payudara seperti ada anggapan jika pemeriksaan Mammografi malah akan menyebabkan kanker payudara” jelas Dr Walta yang juga sebagai wakil ketua YKPI. “untuk itu kehadiran YKPI dirasakan sangat perlu ada dan harus terus menerus melakukan sosialisasi” tambahnya.

Ketua Umum GOW Jayawijaya, Ny. Yustina Yenny Bonua, S.Ip, Msi, ikut bergembira “Saat sosialisasi saya tidak menyangka masyarakat kota Wamena begitu antusias dengan paparan dari YKPI, Andaikan waktu kehadiran pengurus YKPI cukup panjang, maka pasti banyak perempuan Wamena yang ingin bertanya langsung mengenai kanker payudara” tambahnya. Tim YKPI memang hadir di Wamena hanya sehari saja, pagi hari tiba dan sore harinya langsung kembali ke Papua. “Kami berharap YKPI hadir kembali ke Wamena dan dusun dusun di Wamena untuk memberikan sosialiasi kanker payudara ini.

Menutup perjalanannya dari Papua, ibu Linda yang juga pernah mengalami kanker Payudara ini mengatakan “Kami akan terus membantu menekan kanker payudara stadium lanjut di seluruh Indonesia, dengan melakukan sosialasasi deteksi dini kanker payudara dan memberikan kesadaran agar wanita melakukan SADARI, periksa payudara sendiri secara rutin”.

 

–               Humas YKPI –

Informasi lebih lanjut hubungi:

Ibu Endang Muniarti

0811-826 998

Share this post