YKPI Hadirkan Mobil Mamografi Di Puskesmas Kecamatan Kalideres

YKPI Hadirkan Mobil Mamografi Di Puskesmas Kecamatan Kalideres

Jakarta. Guna menurunkan angka kejadian kanker payudara stadium lanjut dan menemukan kanker payudara dini, Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) bekerjasama dengan tim dokter Dharmais  telah hadir di PuskesmasKecamatan Kalideres pada Rabu, 4 Agustus 2016.

“Sebanyak 50 warga kecamatan Kalideres yang terdiri dari 5 kelurahan di Kecamatan Kalideres  khususnya kelompok senam di puskesmas telah mendaftar untuk diperiksa payudaranya setelah YKPI memberitahukan kepada kami akan hadir pada hari ini untuk pemeriksaan gratis” ujar koordinator kegiatan saatu, ibu Minah.

Menurut Minah yang juga selaku perawat Puskesmas Kalideres bagian penyakit tidak menular di Puskesmas Kalideres, kegiatan yang dilakukan YKPI sangat membantu warga Kalideres, andai saja ini diumumkan terbuka mungkin akan banyak yang mendaftar untuk diperiksa, ia hanya mengakui dengan menginformasikan melalui kelompok senam yang rutin diselenggarakan di Puskesmas Kecamatan Kalideres saja, dalam waktu singkat jumlah kuota pemeriksaan gratis sudah terpenuhi.

Salah satu warga yang melakukan pemeriksaan pada hari itu, Rina Hasan mengatakan “Senang dengan adanya kegiatan dari YKPI ini, saya sendiri baru pertama ini diperiksa dan saya yakin semua berterimakasih pada YKPI atas layanan ini, kalau bayar kan mahal”.

Di Puskesmas Kecamatan Kalideres memiliki kelompok senam yang aktif dan rutin, dalam seminggu setiap pagi diadakan senam dengan berbagai kebutuhan seperti senam diabet, senam poli jiwa dan senam jantung sehat.  “Sehingga ketika kami diberitahu adanya layanan gratis dari YKPI anggota kami  yang terdiri dari 5 kelurahan di Kecamatan Kalideres yaitu kelurahan Kalideres, Kelurahan Kamal, Kelurahan Pegadungan, Kelurahan Semanan, Kelurahan Tegal Alur  langsung mendaftar” ujar Rina Nasan yang juga salah satu instruktur senam Kelompok Senam.

Dalam pelayanan pemeriksaan gratis di Puskesmas Kecamatan Kalideres  ini tim YKPI menghadirkan 1 unit mobil Mamografi dengan tim dari RS Dharmais Jakarta, terdiri dari dr. Marta Roida Manurung, dan tim radiografer, Yerna Liza dan Demayanti.

Pelayanan Pemeriksaan Dini Kanker Payudara gratis berikutnya yang akan diberikan oleh YKPI adalah di Puskesmas Kecamatan Mampang, Rabu, 10 Agustus 2016.

 

Share this post