YKPI Hadir dan Dukung Pink Fun Walk kota Cirebon

Cirebon-YKPI. Tangis haru dr Tresnawaty Sp. B selaku ketua Komunitas Peduli Kesehatan Payudara (PKP) pecah saat diminta memberikan kata sambutan dipanggung terbuka Grage Citi Mall, pasalnya ia tidak menyangka kegiatan Fun Walk Bulan Kanker Payudara Internasional itu dapat berjalan di Kota Cirebon. Apalagi dia begitu bangga dengan kehadiran sang motivator bagi dirinya sehingga terbentuk PKP Cirebon yaitu ibu Linda Agum Gumelar.

“Sebagai dokter bedah di Cirebon, saya banyak menjumpai kaum perempuan di Cirebon yang terdeteksi kanker Payudara stadium lanjut cukup tinggi. Saya termotivasi dengan semangat ibu Linda Agum Gumelar yang tidak bosan-bosan nya berkampanye bahaya- nya Kanker Payudara dan pecegahannya melalui SADARI” ungkap dokter Tresna tentang awal jumpa dengan ketua Yayasan Kanker Payudara.

“Januari 2016, saya mencoba telpon ibu Linda, lalu tak diduga beliau sangat merespon dengan gembira dan antusias, sehingga walau hanya melalui telepon beliau membimbing kami untuk lahir PKP Cirebon” kenangnya. Kini walau belum berbadan hukum, PKP memulai mengikuti langkah-langkah yang dilakukan oleh Ibu Linda Agum Gumelar melalui Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) dengan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, arisan untuk memberikan pemahaman kepada kaum perempuan khususnya dan meningkatkan kesadaran kepedulian perempuan terhadap pencegahan kanker payudara.

Dan menyambut bulan Kanker Payudara Internationasioanl, PKP memberanikan diri membuat kegiatan kali pertamanya yang terbesar di Cirebon yang bertajuk “Pink Fun Walk, Bersatu Melawan Kanker Payudara”.

“Kegiatan aksi turun ke jalan mengkampanyekan tentang bahaya kanker Payudara dicetuskan hanya 2 bulan dan ternyata banyak pihak yang mendukung kegiatan ini sehingga dapat terlaksana pda 9 Oktober 2016” ujar Dita Hidayani yang ditunjuk sebagai ketua Pelaksana.

Tak disangka bagi pengurus PKP, proposal Pink Fun Walk ini langsung disambut banyak pihak dan sponsor. Salah satunya dari Grage Group. Direktur Utama Grage Group, Bamunas Setiawan Boediman menjelaskan pihaknya berkomitmen selalu mendukung acara-acara yang positif. Pria yang akrab disapa Oki itu juga mengungkap “bahwa momen ini sebagai bentuk kepedulian Grage Group  terhadap keselamatan orang banyak agar bisa terhindar dan terselamatkan dari Penyakit Kanker Payudara”.

Rute jalan santai ini sendiri menempuh jarak sekitar 7 km. Dimulai Start dari depan Grage Mall pada pukul 07.00 dan berakhir di Grage City Mall Cirebon. Sejumlah peserta membawa balon pink dan sejumlah spanduk dan poster yang mengkampanyekan Bulan Kanker Payudara. “Kegiatannya tidak hanya semata jalan santai, juga ada kegiatan misi lainnya dalam mensosialisasikan bahaya kanker bagi kaum wanita. Kanker Payudara merupakan pembunuh nomor satu di Dunia. Karenanya, PKP bekerjasama dengan banyak pihak khususnya Grage Group mengadakan Fun Walk sekaligus mengkampanyekan agar para perempuan dan laki-laki untuk terbiasa SADARI yaitu Periksa Payudara Sendiri secara rutin” tambah dr. Tresna.

“Tiket untuk mengikuti Fun Walk ini terjual ludes, 1600 lembar tidak tersisa, ini menunjukan betapa pedulinya masyarakat Cirebon mendukung bulan kanker Payudara Dunia” teriak Sendy Dede Yusuf yang merupakan istri dari Dede Yusuf. Sendy juga salut atas kinerja panitia yang menyertakan aksi donor darah di Grage City Mall sebagai titik finish Fun Walk.

Kehadiran ibu Linda Agum Gumelar, begitu banyak dinanti di Cirebon. Kehadirannya terasa menyuntik semangat pengurus PKP untuk terus melakukan sosialiasi tentang pentingnya sosialisasi bahaya Kanker Payudara. Untuknya, PKP mendaulat Ketua YKPI tersebut untuk berbicara di panggung untuk melakukan sosialisasi kepada peserta Pink Fun Walk kota Cirebon.

Ibu Linda sendiri berharap kiranya kegiatan di Cirebon yang dilakukan PKP Cirebon dapat berjalan berkesinambungan. “Khusus Pink Fun Walk, usahakan tahun depan diselenggarakan lagi dan lebih besar, lebih banyak lagi pesertanya. Insya Allah saya dan tim YKPI akan hadir kembali di Cirebon” Tuturnya yang disambut riuh gembira peserta Pink Fun Walk Cirebon.

—-

Humas PR & Media YKPI.

Share this post