YKPI Gelar Pelatihan bagi Pendamping Kanker Payudara Angkatan IV

YKPI Gelar Pelatihan bagi Pendamping Kanker Payudara Angkatan IV

Jakarta – Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) menggelar pelatihan bagi relawan pendamping pasien kanker payudara. Ini merupakan pelatihan keempat, yang dilaksanakan secara berturut-turut dalam empat tahun terakhir.

Ketua YKPI Linda Agum Gumelar mengatakan, pelatihan tahun ini sukses menarik 51 peserta, jauh lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Apalagi, kata Linda, praktisi, tenaga medis, hingga akademisi juga turut bergabung dalam kegiatan yang digelar di London School of Public Relation (LSPR) Jakarta pada 22-24 Agustus tersebut.

“Materi yang diberikan antara lain psikologi, komunikasi, dan secara luas tentang kanker payudara. Kenapa materi ini? Karena untuk memberikan suatu pengetahun dan berbagi kepada peserta, tentang psikologi dan komunikasi bagi pasien kanker, khususnya kanker payudara,” kata Linda pada Minggu (26/8) kemarin.

Kedua materi ini menurut Linda sangat penting bagi relawan pendamping kanker payudara. Pasalnya, acap kali di lapangan masih ditemui pendamping yang tidak memahami kedua pendekatan ini dengan baik.

“Seperti saya kena kanker payudara pada 1996, itu saya benar mendapatkan tekanan yang luar biasa, dari banyak orang, karena psikologi dan komunikasi kami tidak dipahami. Sehingga setelah bertemu dengan mereka, bukannya tambah kuat, tapi justru memojokkan kita, perasaan dan emosi kita,” ujarnya.

Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ini menambahkan, setelah menjalani dua hari pelatihan, para peserta pelatihan akan mendapatkan sertifikat dari TUVRheinland, yakni perusahaan yang berbasis di Jerman.

“Sertifikatnya hanya berlaku setiap tahun. Jadi setiap tiga tahun dievaluasi,” jelasnya.

Share this post