UICC Apresiasi Pencegahan Kanker Payudara di Indonesia

YAYASAN Kanker Payudara Indonesia (YKPI) dilirik oleh organisasi pengendalian kanker dunia agar masuk menjadi anggotanya. Banyak apresiasi yang diberikan dalam hal memberikan pembekalan kepada para survivor dan relawan kanker payudara yang sangat beragam.

Union for International Cancer Control (UICC) merupakan satu organisasi yang peduli sekali dengan penyakit kanker, berpusat di Switzerland didirikan tahun 1933. Tim dari UICC datang ke Indonesia untuk melihat kegiatan organisasi dari kaum wanita yang pernah menderita kanker payudara. Mereka akan merangkul YKPI dalam waktu dekat.

“YKPI merupakan organisasi di bidang kanker payudara pertama dari Indonesia yang akan bergabung dengan kami. Saya lihat organisasi ini mampu berjuang dan berbagi pengalaman dengan sesama penyandang kanker payudara,” ujar Special Advisor to the CEO Susan Henshall kepada Okezone, Senin (5/12/2016).

Pada kesempatan itu, Ketua YKPI Linda Amalia Sari Gumelar menceritakan awal mula UICC ingin menggandeng YKPI. Dia pun sangat senang dikunjungi oleh tim dari UICC yang membawa manfaat positif.

“Sebelum tahu UICC, YKPI sudah bergabung dalam organisasi Reach to Recovery. Tapi itu hanya peduli pada penyakit kanker payudara. Kebetulan tim dari UICC datang ke Jakarta untuk melihat aktivitas kami yang positif ini,” ujarnya.

Linda menambahkan, UICC tampak sangat apresiasi dengan YKPI. Karenanya, organisasi yang berpihak pada kaum wanita ini mengajarkan banyak hal.

Bentuk apresiasinya yaitu UICC tertarik dengan langkah YKPI dalam program promotif dan preventif untuk mencegah kanker payudara. Mulai dari deteksi dini dan adanya mobil mamografi yang sudah keliling untuk melakukan pemeriksaan.

“Mereka apresiasi dalam banyak hal. Seperti halnya mereka apresiasi dengan pentingnya deteksi dini agar wanita mencegah kanker payudara, serta pelatihan bersertifikat yang kami berikan kepada relawan kanker payudara,” tambahnya.

Linda juga membeberkan manfaatnya apabila UICC benar-benar menggandeng YKPI nantinya. Menurut dia, Indonesia akan terbantu banyak hal seputar penanganan penyakit kanker payudara.

“Secara internasional kita bisa hadir memberikan informasi dengan Indonesia soal kanker payudara. Juga, kalaupun ada utusan dari negara lain, ilmunya bisa diterapkan di negara kita tentang bagaimana pencegahan dan penyembuhan kanker payudara yang benar. Biasanya ini oleh dokter-dokter handal,” tutupnya.

Sumber : Okezone.com

Jurnalis : Okezone.com / Dewi Kania

http://lifestyle.okezone.com/read/2016/12/05/481/1559266/uicc-apresiasi-pencegahan-kanker-payudara-di-indonesia

Share this post