Takut Mammogram?!

Takut Mammogram?!

Untuk mendeteksi dini kanker payudara, selain dengan melakukan SADARI, kita juga dapat melakukan MAMMOGRAM. Mammogram dapat dilakukan di berbagai fasilitas kesehatan. Namun, banyak perempuan yang enggan melakukannya karena berpikir akan membahayakan dirinya dan mendengar bahwa prosedurnya menyakitkan.

Mammogram bisa dikatakan sebagai rotngen payudara, di mana payudara mendapatkan paparan radiasi dalam dosis kecil untuk mendeteksi dan mendiagnosis kanker payudara. Prosedurnya adalah dengan menempelkan payudara pada layar pemindai rontgen. Kemudian, sebuah kompressor akan menekan payudara ke bawah untuk meratakan jaringan. Penekanan payudara ini bertujuan agar radiasi bisa menembus bagian payudara dari bawah ke atas dimana bila tidak dipipihkan, maka jarak yang harus ditempuh akan semakin jauh dan diperlukan radiasi yang semakin besar. Mammogram tidaklah berbahaya, karena walaupun menggunakan radiasi, kadarnya sangat kecil dari dosis letal atau takaran normal sebuah bahan kimiawi yang dimasukkan ke dalam tubuh makhluk hidup.

Untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat melakukan mammogram, lakukanlah di waktu yang tepat minimal seminggu setelah menstruasi. Jangan datang untuk melakukan mammogram di saat seminggu sebelum menstruasi, karena di saat itu biasanya payudara sudah terasa sakit dan terasa penuh karena akan menjelang menstruasi. Saat ini juga tersedia alat mammogram 3D dimana prosedurnya akan terasa lebih nyaman.

((www. hellosehat.com, Kapan Kita Harus Mammogram, diakses 30 Mei 2017))

((www. fimela.com, Salah Paham tentang Payudara Selama Ini, Cek Kebenarannya!, diakses 30 Mei 2017))

Share this post