Sadari (Periksa Payudara Sendiri)

Sadari (Periksa Payudara Sendiri)

Sebagai wanita, kita tentu harus memperhatikan tubuh kita. Apalagi tubuh kita rentan terhadap kanker payudara. Sayangnya, banyak wanita masih enggan memeriksakan dirinya ke fasilitas kesehatan. Takut dan tidak ada waktu kadang menjadi alasannya. Namun, sebenarnya kita bisa mendeteksi dini sendiri, yaitu dengan melakukan periksa sendiri payudara atau SADARI.

Cukup luangkan waktu hanya selama 7 menit untuk periksa sendiri payudara dengan langkah berikut ini :

  1. Perhatikan dengan teliti payudara anda di muka cermin, dengan kedua lengan lurus ke bawah. Perhatikan bila ada benjolan atau perubahan bentuk dan ukuran pada payudara (Payudara kanan dan kiri secara normal tidak persis sama).
  2. Angkatlah kedua lengan ke atas sampai kedua lengan berada di belakang kepala dan tekan ke depan, ulangi pemeriksaan seperti langkah awal
  3. Tekanlah kedua tangan anda kuat-kuat pada pinggul dan gerakan kedua lengan dan siku ke depan sambil mengangkat bahu. Cara ini akan menegangkan otot-otot dada anda dan perubahan-perubahan seperti cekungan (dekok) dan benjolan akan lebih terlihat.
  4. Angkat lengan kiri anda. Rabalah payudara kiri dengan tiga ujung tengah lengan kanan yang di rapatkan.
  • Perabaan dapat dilakukan dengan cara:
    • Gerakan memutar dengan tekanan lembut tetapi mantap, dimulai dari pinggang atas (Posisi Jam 12) dengan mengikuti arah jam bergerak ke tengah kearah puting susu.
    • Gerakan dari atas ke bawah dan sebaliknya
    • Gerakan dari bagian tengah ke arah luar. Lakukan hal yang sama pada payudara kanan anda.
  1. Pencet pelan-pelan daerah sekitar puting kedua payudara dan amatilah apakah keluar cairan yang tidak normal (tidak biasa)?
  2. Berbaringlah dengan tangan kiri di bawah kepala. Letakan bantal kecil di bawah bahu kanan. Rabalah seluruh permukaan payudara kiri dengan gerakan seperti di uraikan pada nomor 1. Lakukan pada pemeriksaan yang sama seperti di atas untuk payudara yang kanan.
  3. Berilah perhatian khusus pada payudara bagian atas dekat ketiak (Kwardran Superolateral) kanan dan kiri seperti terlihat pada gambar, sebab di daerah tersebut banyak di temukan tumor payudara. Jika ditemukan kelainan atau ada perubahan di bandingkan dengan keadaan pada bulan sebelumnya, maka segera periksa diri ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Pemeriksaan di atas dapat dilakukan sewaktu mandi, karena busa sabun akan mempermudah pada saat meraba payudara.

((pitapink-ykpi.or.id, Penapisan Skrining, diakses 2 Juni 2017))

Share this post