Psikologis

 

Terkadang penyakit tidak dapat di deteksi secara ragawi atau bahkan tidak dapat dipecahkan dengan cara konvensional. Studi ilmiah menunjukkan bahwa faktor psikologis seperti sikap mandiri dan pandangan optimis dapat mempengaruhi kesehatan dan panjangnya umur seseorang.

Dengan teknik tubuh dan pikiran dapat mengurangi kunjungan ke dokter, mempercepat penyembuhan, mengurangi penggunan obat-obatan, mengurangi perawatan di rumah sakit dan meningkatkan indera untuk mengontrol kesehatan seseorang. Terlebih lagi dampak positif yang lebih besar terhadap kesehatan dibandingkan dengan diet, olahraga, dan lainnya.

Semisalnya, seseorang yang menjalani hidup dengan tenang, memandang hidup penuh optimis dan memakan cheeseburger setiap hari mungkin memiliki kesempatan lebih besar untuk hidup sehat dan berumur lebih panjang dibandingkan seseorang yang hidup penuh ketegangan, pesimistis, bersikeras untuk tidak memakan makanan berlemak dan berolahraga setiap hari.

Mungkin semua orang dapat hidup dengan sehat dan memiliki umur panjang. Jika semua orang selalu berpikiran positif dan menghadapi segala sesuatu dengan tenang.

 

Gaya Hidup

Filosofi pengobatan tradisional Cina memandang bahwa kesehatan tubuh kita, pikiran dan semangat hidup semua sama pentingnya. Tiga hal tersebut adalah bagian dari sebuah lingkaran berkesinambungan, bukan hanya berupa hal-hal yang berkaitan secara individu.

Sering terjadi, bila kita bicara kesehatan banyak orang hanya memfokuskan kepada kesehatan fisik. Sehingga kita mengambil langkah-langkah untuk tetap sehat lebih kepada yang diluarnya saja. Contohnya, memilih mengkonsumsi makanan khus