Deteksi Dini Kanker Anda

Deteksi Dini Kanker Anda

Payudara

Payudara terdiri dari 3 unsur yaitu kelenjar air susu, saluran kelenjar dan jaringan penunjang payudara yang mengikat kelenjar – kelenjar menjadi satu kesatuan. Keseluruhan payudara dibungkus oleh kulit yang berwarna lebih gelap (areola). Kanker payudara adalah keganasan yang berasal dari kelenjar, saluran kelenjar dan jaringan penunjang payudara tidak termasuk kulit payudara.

Kanker payudara dapat menimbulkan gejala seperti dibawah ini :

  1. Adanya benjolan di payudara.
  2. Keluar cairan yang tidak noramal dari puting susu, cairan dapat berubah nanah, darah, cairan encer atau keluar air susu pada ibu yang tidak hamil atau tidak sedang menyusui.
  3. Perubahan bentuk dan besarnya payudara.
  4. Kulit, puting susu dan areola melekuk ke dalam atau berkerut.

 

Faktor Resiko

Penyebab yangn pasti dari kanker payudara belum diketahui, tapi ada beberapa faktor resiko untuk terjadinya kanker payudara, yaitu :

  1. Mendapatkan haid pertama pada umur kurang dari 10 tahun.
  2. Mengalami mati haid setelah umur 50 tahun.
  3. Tidak menikah.
  4. Tidak pernah melahirkan anak.
  5. Melahirkan anak sesudah umur 35 tahun.
  6. Tidak pernah menyusui anak.
  7. Pernah mengalami operasi yang disebabkan oleh kelainan jinak atau tumor ganas payudara.
  8. Diantara anggota keluarga ada yang menderita kanker.

 

Deteksi Dini Kanker Payudara

Kanker payudara pada tahap awal tidak menimbulkan gejala apapun, namun bersamaan berkembangnya penyakit akan timbul gejala yang menyebabkan perubahaan pada payudara. Unutk itu dilanjutkan untuk malakukan pemeriksaan secara berkala.

Pemeriksaan dapat berupa:

  1. Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI). Setiap wanita dianjurkan untuk melakukan SADARI secara teratur sebulan sekali setalah haid, dan bagi yang telah mati haid (monopause) hendaklah dilakukan pada tanggal tertentu yang mudah di ingat dari setiap bulannya.
  2. Pemeriksaan Payudara oleh Tenaga Medis (Dokter atau Bidan). Dengan pemeriksaan yang seksama sering dapat diduga suatu benjolan di payudara merupakan tumor jinak atau ganas.
  3. Mammogram. Merupakan pemeriksaan radiology ,menggunakan sinar X unuk pemeriksaan payudara. Gambar diambil dari arah samping dan atas untuk masing – masing payudara. Adanya gambar mikro klarifikasi mungkin merupakan tanda dini.

Share this post