Pink Ribbon Go Walk & Run, Peduli Kanker Payudara

Jakarta, RATUSAN warga dari berbagai penjuru wilayah di Jabodetabek dan sekitarnya, memenuhi sepanjang ruas Jl Jenderal Sudirman menuju jembatan Semanggi Jakarta, mengikuti kegiatan olah raga lari pagi dan jalan santai bertajuk “Pink Ribbon Run & Walk”, Minggu, 1 November 2015.

Acara kampanye kesadaran peduli kanker payudara dalam bentuk lari dan jalan kaki santai ini, peserta mulai start  dari halaman gedung FX Sudirman menyusuri Jl Jend Sudirman memutar di jembatan Semanggi dan finish kembali lagi ke FX Sudirman. Praktis jalur cepat dan lambat di dua arah jalan tersebut ditutup sementara. Sepanjang jalan berubah “lautan pink” sesuai kaos seragam yang dipakai para peserta.

Peserta dilepas secara resmi dan dibuka jam 6 pagi oleh Ketua Umum Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) Linda Ameliasari Agum Gumelar. Semula dijadwalkan membuka adalah Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama, namun yang bersangkutan berhalangan hadir.

Linda Gumelar mengatakan saat ini terjadi trend meningkat, terutama pada penyakit tidak menular seperti breast cancer. Dari 100 – 150 orang yang diperiksa terdapat 7% dilakukan tindak lanjut.

“Gaya hidup sehat sangat penting, sudah semestinya menjadi sebuah budaya setiap orang. Bisa dimulai dari hal kecil, tanpa harus mengeluarkan biaya mahal. Dari olah raga ringan namun teratur, dibarengi konsumsi buah, sayur dan makanan sehat yang seimbang. Namun perlu ditekankan juga, gaya hidup sehat musti sejalan
dengan pola pikir yang sehat,” kata mantan Meneg PP & PA ini.

Karena itu, kata Linda, YKPI bekerjasama dengan  PT. MAP Active (MAP) menggelar acara tahunan, Skechers Skm Run & Walk untuk peduli kanker payudara. Disamping upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang pengetahuan breast cancer.

Sementara Skechers Global terbilang aktif, mendukung kepedulian akan kanker payudara melalui kerjasama dengan American Cancer Society. YKPI sendiri melakukan upaya jemput bola, dengan mengoperasikan mobil Mamografi.

“Keberadaan Mobil keliling ini, adalah langkah nyata YKPI dalam tindakan preventif terhadap deteksi kanker payudara,” kata Linda.

Pada kesempatan di acara ini, YKPI menerima donasi dari para sponsor. Antara lain dari Indosat dan Skechers Global masing-masing sebesar Rp 100 juta. Donasi ini dimaksudkan untuk mendukung program YKPI terutama dalam gerakan, “Indonesia Bebas Kanker Payudara Stadium Lanjut pada 2020”. (Nur Terbit)

Sumber: http://www.kompasiana.com/daeng2011/kampanye-peduli-kanker-payudara-jembatan-semanggi-berubah-lautan-pink_56366c54e6afbdbd0c6742db

Share this post