Perlunya Deteksi Dini Kanker Payudara

Perlunya Deteksi Dini Kanker Payudara

Pada Kamis 1 Juni 2017 kemarin, artis senior Yana Zein telah berpulang. Ia meninggal karena kanker payudara yang sudah dideritanya sejak tahun 2016. Awalnya Yana tidak mengetahui bahwa benjolan di payudaranya adalah kanker. Ia hanya mengira itu masuk angin biasa. Namun benjolan tersebut membesar dan kemudian pecah sehingga ia baru memeriksakan diri ke dokter. Dan dokter pun menyatakan kalau ia sudah menderita kanker payudara stadium 4.

Begitulah kanker payudara. Ia awalnya tampak tak bergejala. Tanpa dideteksi, kita tak akan tahu bahwa kita terkena kanker. Deteksi dini bisa kita lakukan dengan mammogram ataupun SADARI (Periksa Payudara Sendiri). Dengan SADARI, kita bisa dengan mudah mendeteksi kelainan yang ada pada payudara kita sendiri. Caranya juga mudah dan cepat. Seperti yang sudah di sebutkan di artikel sebelumnya, bahwa memang wanita cukup enggan dan takut bila harus langsung memeriksakan diri ke dokter.

Belajar dari pengalaman almarhumah Yana Zein, alangkah baiknya bila kita melakukan pendeteksian dini ini. Baik melakukan SADARI, maupun MAMMOGRAM. Dengan pendeteksian dini, maka akan lebih cepat tertangani. Sayangi tubuh kita, kenali tubuh kita.

http://entertainment.kompas.com/read/2017/06/02/092026910/riwayat.kanker.payudara.yana.zein

((entertainment.kompas.com, Riwayat Kanker Payudara Yana Zein, diakses 3 Juni 2017))

Share this post