Pekerjaan Rumah Tangga Bisa Atasi Kanker Payudara

Para wanita yang mengerjakan pekerjaan rumah tangga selama 2,5 jam per hari bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga enam persen, demikian sebuah studi terbaru mengungkapkan.

Sementara mereka yang sangat aktif secara fisik bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara hingga 13 persen. Menurut para ahli, dibutuhkan waktu untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga selama enam jam demi menurunkan risiko hingga 13 persen. Kegiatan berkebun selama 3 jam per hari bisa menurunkan risiko kanker payudara hingga 10 persen.

Para ilmuwan mengatakan bahwa temuan ini sangat penting karena ternyata melakukan olahraga lebih sering bisa menurunkan risiko kanker.

Temuan ini berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh European Prospective Investigation of Cancer (EPIC), yang melibatkan 257.805 wanita di seluruh Eropa. Dananya berasal dari Cancer Research UK.

Para ilmuwan meneliti 8.034 kasus kanker baru yang terdiagnosis selama lebih dari sebelas tahun dan menganalisis berdasarkan berapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga dan faktor lain yang mempengaruhi, seperti berat tubuh jika mereka menyusui dan konsumsi alkohol yang dapat mempengaruhi risiko kanker payudara.

Ketika faktor lain dikeluarkan dari daftar, ditemukan bahwa mereka yang melakukan lebih banyak olahraga mengalami penurunan risiko kanker yang cukup besar. Namun olahraga sedang yang dilakukan juga masih mempunyai efek. Hasil temuan ini dipublikasikan di jurnal International Journal of Cancer dan dikutip oleh situs Telegraph.

Profesor Tim Key, penulis jurnal tersebut yang juga epidemiologis dari University of Oxford di Cancer Research UK, berkata, “Penelitian ini menggaris bawahi manfaat menjadi orang yang aktif.”

 

Sumber: http://gaya.tempo.co/read/news/2012/09/08/060428192/pekerjaan-rumah-tangga-bisa-atasi-kanker-payudara

Share this post