Memperingati Bulan Peduli Kanker Payudara Internasional

Memperingati Bulan Peduli Kanker Payudara Internasional

Bulan Oktober merupakan bulan peduli kanker payudara internasional (Breast Cancer Awareness) yang diperingati di seluruh dunia. Kegiatan ini juga diperingati setiap tahun di Indonesia yang dilakukan oleh Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) dengan melakukan beberapa kegiatan sebagai bentuk kepedulian terhadap peningkatan kualitas kesehatan perempuan Indonesia khususnya terhadap pencegahan dini kanker payudara .

YKPI dahulu dikenal sebagai Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta (YKPJ) yang didirikan pada tanggal 19 Agustus 2003 sebagai organisasi nir-laba yang merupakan mitra pemerintah untuk menggalakkan kegiatan penyuluhan dan penanggulangan kanker payudara di Jakarta dan sejak bulan Januari 2015 YKPJ secara resmi diganti menjadi Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) yang diketuai oleh Ibu Linda Agum Gumelar. Diharapkan ruang lingkup YKPI ini dapat lebih luas dan menjangkau ke seluruh Indonesia.

Program YKPI yang diberi nama Pita Pink dengan slogan “Saling Jaga, Saling Peduli” mempunyai program rehabilitatif, kuratif dan promotif prevntif dengan visi Menuju Indonesia Bebas Kanker Payudara Stadium Lanjut”.

Di Indonesia kanker payudara menduduki peringkat pertama terbanyak setelah kanker rahim, dan pada umumnya ditemukan sudah pada stadium lanjut. Sebenarnya peluang pasien kanker payudara bisa mencapai kesembuhan 98% bila terdeteksi dini dan diobati secara medis.

Selama ini YKPI telah melakukan berbagai kegiatan antara lain melakukan penyuluhan, talkshow, seminar mengenai pentingnya kesadaran terhadap kanker payudara kepada masyarakat, organisasi, para medis dan pemeriksaan mamografi (skreening missal) dengan Unit Mobil Mamografi milik YKPI.

Unit Mobil Mamografi ini sumbangan dari PT. Pertamina (PERSERO) hasil dari acara penggalangan dana “Peduli Sesama” bekerjasama dengan Himpunan Ratna Busana pada tahun 2013. Pengoperasian Unit Mobil Mamografi pada saat ini baru menjangkau di DKI Jakarta.

Di bulan Oktober 2015 ini yang merupakan bulan peduli kanker payudara internasional, YKPI melakukan berbagai kegiatan dalam rangka   Breast Cancer Awareness antara lain sebagai berikut :

  1. Bekerjasama dengan INDOSAT melakukan komitmen bersama secara konkrit melalui pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung “Gerakan Kesadaran Peduli Kanker Payudara di Indonesia” dengan menghadirkan Kartu Perdana Mentari Indosat Edisi Khusus Breast Cancer Awareness dengan konten khusus yang termasuk upaya deteksi dini. Aplikasi Pita Pink ini berisi informasi untuk mengetahui berbagai hal tentang kanker payudara mulai dari pencegahan, pengobatan, mendeteksi sejak dini kanker payudara, informasi rumah sakit spesialis dan klinik hingga tips menjaga kesehatan tubuh untuk menghindari kanker payudara yang dapat diunduh oleh pelanggan melalui Google Play Store yang berbasis android.
  2. Melakukan pemeriksaan mamografi dan sosialisasi kanker payudara di berbagai event yang bekerjasama dengan berbagai oganisasi, perusahaan/swasta dan masyarakat dengan tujuan agar masyarakat Indonesia khususnya kaum perempuan (49,7% dari populasi penduduk Indonesia) bisa peduli dan menjaga kesehatan payudaranya dan juga memberikan pemahaman serta dukungan untuk keluarga dan lingkungannya. Diharapkan dengan sosialisasi ini semua perempuan mempunyai awareness terhadap kelainan payudara, dapat melakukan pemeriksaan payudara sendiri secara teratur sehingga dapat menekan diagnose kanker payudara stadium lanjut .
  3. Melakukan talkshow melalui berbagai radio dan TV dan dengan pihak swasta
  4. Untuk tahun 2015 ini, ada kegiatan yang baru pertama kali dilakukan training dan sertifikasi personil bertaraf internasional yaitu “Pelatihan Relawan Pendamping Pasien Kanker Payudara” dimana YKPI bekerjasama dengan PT. TUV Rheinland Indonesia. Pelatihan ini akan dilakasanakan dari tanggal 16 s/d 18 Oktober 2015 bertempat di Kampus London School Public Relation. Pelatihan perdana ini akan diikuti sebanyak 60 peserta yang terdiri dari para medis, relawan dan survivor. Training ini diselenggarakan guna menyediakan tenaga relawan pendamping pasien kanker payudara yang kompeten. Bersama dengan tenaga medis dari rumah sakit diharapkan para relawan ini akan membantu pasien kanker payudara mengatasi masalah mental emosional selama menjalani pengobatan dan terapi. Sikap dan cara pandang yang tepat terhadap kanker payudara adalah hal yang penting dalam proses pengobatan dan terapi. Pelatihan ini membahas tuntas tentang pengenalan dini kanker payudara, perawatan pasien kanker payudara, proses rehabilitasi pasien kanker payudara serta ketrampilan berkomunikai dengan pasien kanker. Dengan pembekalan sebagai relawan pendamping kanker payudara yang siap terjun di rumah sakit, klinik terapis, dan komunitas atau yayasan kanker. Diharapkan pendampingan dari survivor dan relawan yang sudah berpengalaman, maka pasien akan yakin bahwa pasien tidak lagi menghadapinya sendiri. Peserta akan mendapat TUV Rheinland Sertifikasi Personil bertaraf internasional yang berlaku selama 3 tahun.Kegiatan pelatihan angkatan I didukung pula oleh PT. Sari Husada dan London School of Public Relation juga bekerjasama dengan RS Kanker Dharmais.
  5. Mengadakan Seminar Nasional “Menuju Indonesia Bebas Kanker Payudara Stadium Lanjut Tahun 2030” yang akan diselenggarakan pada tanggal 31 Oktober 2015 di Hotel Millenium yang diikuti 500 peserta terdiri dari para medis, survivor, masyarkat umum, LSM, organisasi masyarakat dan para praktisi yang peduli kanker payudara. Tujuan dari seminar ini untuk menekan angka penderita kanker payudara stadium lanjut dengan memperkenalkan program deteksi dini dan skrining kanker payudara kepada pihak-pihak terkat melalui gerakan pita pink, meningkatkan kewaspadaan terhadap kesehatan payudara dengan mampu melakukan SADARI dan memberikan informasi yang akurat untuk pengobatan kanker payudara.
  6. Berbagai kegiatan charity yang dilakukan antara lain : Regalia komunitas bersepeda BBC, Batik Aleria, Estee Lauder, Wang Resident, dll
  7. Rangkaian kegiatan bulan peduli kanker payudara internasional tahun 2015 ini akan ditutup dengan Go Run and Walk for supporting Breast Cancer Awaeness yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Nopember 2015 bertempat di FX Sudirman yang akan diikuti 2000 peserta. Kegiatan ini, YKPI bekerjasama dengan PT.Mitra Adi Perkasa (MAP), Skechers, Indosat Mentari, Panasonic Beauty. Kegiatan Fun Run & Fun Walk ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap kanker payudara sekaligus keuntungan yang didapatkan dari berolahraga baik secara fisik maupun mental bagi kesehatan pikiran dan tubuh. Kegiatan ini akan dibuka oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, ibu YohanaYambise. Pada acara ini akan dibagikan 2000 kartu perdana Mentari edisi khusus Breast Cancer Awareness yang berisikan Aplikasi Pita Pink secara gratis kepada peserta lomba.
  8. Dengan berbagai kegiatan yang dilakukan dalam bulan peduli kanker payudara internasional ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat akan pentingnya kesadaran akan bahaya kanker payudara melalui deteksi dini dan juga pentingnya dukungan dari keluarga dan sahabat pasien untuk menghadapi kanker payudara.
  9. Diucapkan terima kasih atas partisipasi para donatur baik perorangan, organisasi maupun perusahaan yang telah peduli untuk mendukung dan berpartisipasi dalam program “PITAPINK” YKPI.

SADARI : PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI HARUS DILAKUKAN OLEH SETIAP PEREMPUAN SEBULAN SEKALI KARENA 80% BENJOLAN DIPAYUDARA DAPAT DIKETAHUI OLEH PEREMPUAN TERSEBUT.

Share this post