Kembang Kol, Sayur Pencegah Kanker Payudara dan Sistem Reproduksi

Kembang Kol, Sayur Pencegah Kanker Payudara dan Sistem Reproduksi

Jika Anda ingin menerapkan hidup sehat, kebanyakan saran yang akan diberikan adalah memperbanyak makan sayuran berwarna atau banyak sayuran hijau karena memiliki banyak nutrisi. Namun jangan meremehkan sayur yang satu ini Ladies, kembang kol.

Meskipun mungkin hanya berwarna putih, dan tidak sepopuler saudaranya, brokoli, namun sayur kembang kol ini tidak kalah hebat dalam nutrisi lho. Bahkan dikutip dari medicalnewstoday.com, kembang kol memiliki antioksidan yang mampu mencegah mutasi sel ke arah sel kanker. Mutasi sel disebabkan oleh proses oksidasi di dalam tubuh karena radikal bebas.

Salah satu senyawa yang dimiliki adalah indole-3-carbinol atau I3C yang umumnya ditemukan dalam sayur seperti kubis, brokoli dan kembang kol, yang terbukti mampu mengurangi risiko kanker payudara dan kanker reproduksi pada pria dan wanita. Kembang kol juga memiliki kandungan sulfur, yang menurut penelitian, bisa memberikan kekuatan pada pasien kanker untuk melawan penyakit kanker yang sedang diderita.

Bukan hanya itu, bahkan banyak mengonsumsi kembang kol juga bisa mengurangi risiko kanker paru-paru karena kaya antioksidan dan mengurangi risiko kanker usus besar karena kaya serat.

Jadi, mulai sekarang, jangan hanya memperbanyak makan sayuran berwarna atau sayuran hijau saja ya, perbanyak juga makan kembang kol. Selain mudah diolah dan enak, juga bisa mencegah kanker.

sumber: http://www.vemale.com/kesehatan/80408-kembang-kol-sayur-pencegah-kanker-payudara-dan-sistem-reproduksi.html

Share this post