Benarkah Pemeriksaan Kanker Payudara Bisa Mencegah Kanker Payudara?

Sebagai wanita, kanker payudara adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti. Di Indonesia, kanker payudara  termasuk  jenis  kanker  tertinggi  diantara  perempuan. Berdasarkan data Sistem Informasi Rumah Sakit (SIRS) tahun 2010, kanker payudara merupakan jenis kanker tertinggi pada pasien rawat inap maupun rawat jalan di seluruh rumah sakit di Indonesia. Proporsinya sebesar 12.014 orang atau 28,7 persen dari total pasien.

Wanita jarang menyadari kalau dirinya terkena kanker payudara. Untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan pun terkadang ada rasa enggan dan takut. Ini lah yang terkadang menjadikan kanker payudara terlambat ditangani.

 

Saat ini, YKPI sudah memiliki mobil mammografi yang bisa digunakan untuk pendeteksian dini kanker payudara. Karena sepertinya kaum wanita enggan untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan. Dengan mobil mammografi ini, kaum wanita tidak perlu takut lagi untuk memeriksakan dirinya.

Hanya dibutuhkan waktu sekitar 5-10 menit bagi mereka untuk menyelesaikan pemeriksaan mammografi dengan menggunakan monil mammografi ini. Apalagi pelayaan pemeriksaan dengan mobil mammografi ini gratis. Jadi tak ada lagi alasan untuk tidak memeriksakan diri. Karena dengan pendeteksian dini, kanker payudara akan bisa lebih tertangani.

((lifestyle.kompas.com, Deteksi Dini Jawaban untuk Menghindari Kanker Payudara, diakses 2 Juni 2017))

Share this post