Alleira Launching Batik Pita Pink Peduli Kanker Payudara

JAKARTA-Alleira Batik mensupport bulan peduli kanker payudara (breast cancer) dengan melaunching Batik Pita Pink. Nantinya, Alleira Batik juga akan menyumbangkan 20 persen dari hasil penjualannya kepada Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI).

“Kami berterimakasih atas kejutan Alleira Batik yang telah menerbitkan selendang-selendang berwarna pink. Saya kira ini menunjukkan ada suatu kepedulian dari Alleira yang begitu peduli kepada pentingnya deteksi dini kanker payudara,” ucap Ketua Umum YKPI Linda Amalia Sari saat hadir peluncuran koleksi Batik Pita Pink di Plaza Indonesia, Jakarta, Kamis (30/10).

Menurutnya, YKPI mempunyai komitmen yang sama dalam ikut peduli kanker payudara stadium lanjut. YKPI terus berjuang terus terutama untuk diri sendiri bagaimana mampu mengendalikan diri, mampu berpikir positif, dan mampu bertahan hidup. “Saya sendiri merupakan survivor, itu yang terjadi pada 19 tahun lalu. Ini merupakan suatu hikmah kepada para survivor,” tukas Linda.

Ia mengatakan, dirinya bersama-sama survivor berfikir bahwa tidak adil rasanya karena yang datang ke dokter pada umunya sudah stadium lanjut. Jadi di Indonesia 70 persen datang ke dokter itu sudah stadium lanjut. Seharusnya, 98 persen penderita kanker payudara apa bila ditemukan pada stadium awal dapat disembuhkan. “Artinya, agak sulit untuk bisa disembuhkan jika sudah stadium lanjut,” beber mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak itu.

Linda juga merasa akses untuk pengetahuan kanker payudara ini belum di ketahui oleh masyarakat. Apalagi, telah beredar mitos-mitos yang ada di tengah-tengah masyarakat. “Bila membicarakan kanker payudara memang banyak mitosnya. Ada ketakutan dalam diri perempuan. Apalagi ketakutan biaya mahal dan sakitnya,” tukas dia.

Untuk itu,  dibentuknya YKPI salah satunya untuk menekan kanker payudara stadium lanjut. Upaya-upaya yang YKPI lakukan juga cukup banyak sekali seperti sosialisasi atau kampanye pencegahan sejak dini, unit mobil momografi, dan lain-lain. “Kami juga baru melakukan pelatihan relawan pendamping pasien kanker payudara yang bersertifikat internasional. Itu tujuan kami,” kata Istri Agum Gumelar ini.

Sementara itu, Vice President Alleira Batik, Ade Kartika pihaknya akan menyumbangkan sebesar 20 persen dari hasil penjualan batik di butik Plaza Indonesia. “Pelaksanaan kegiatan ini merupakan kepedulian Alleira Batik terhadap pasien kanker payudara.  Kegiatan ini merupakan CSR Batik Alleira,” papar dia.

Selain itu, kepedulian Alleira Batik terhadap pasien kanker payudara juga berhubungan dengan pekerja batik kebanyak perempuan. (fan)

Share this post